Perbedaan dan Persamaan Kegiatan Outbond, Outing dan Gathering

Selama ini terkadang masih banyak orang yang kadang bingung bahkan salah mengartikan tentang istilah kegiatan Outbound. Sehingga setiap kegiatan permainan luar ruangan atau alam terbuka selalu saja di sebut outbound. Misalnya saja sebuah perusahaan mengadakan kegiatan di sebuah villa atau hotel di gunung kemudian bersenang-senang dan melakukan games, seketika itu juga disebut outbound. Biasanya kesalahan pengertian tersebut disebabkan oleh kurangnya informasi atau wawasan di masyarakat dalam membedakan outbound dengan outing, cooporate gathering dan beberapa aktivitas di luar ruangan lainnya.

Perbedaan & Persamaan Outing, Gathering dan Outbond  

Sebenarnya ada persamaannya, yaitu semuanya merupakan kegiatan yang dilakukan di luar ruangan atau alam (outdoor activity). Jika dilihat dari perbedaanya, kalau outing dan gathering, secara fisik, pikiran dan emosional tidak terlalu berat. Kegiatan atau aktivitas yang dilakukan lebih mengarah pada hiburan atau kegiatan yang menyenangkan (have fun),  sehingga pada pelaksanaannya tidak memerlukan persiapan khusus. Sedangkan dalam kegiatan outbound diperlukan sebuah pelatihan yang membutuhkan aktivitas fisik, emosional, pikiran yang lebih dibandingkan dengan kegiatan yang lain yang hanya bersifat fun. Oleh karena itu outbound lebih kompleks dibanding outing dan gathering.

Selama ini sudah banyak yang mengenal berbagai acara permainan atau game yang khusus untuk melatih kerjasama tim atau bahkan memperkuat solidaritas antar tim dari tiap perusahaan. Meskipun sering dijadikan juga sebagai pilihan untuk menikmati suasana liburan, ternyata masih banyak orang yang benar-benar tahu perbedaan antara outing, outbound, dan gathering. Sehingga tidak heran akhirnya banyak perusahaan membuat acara berkumpul bersama karyawan untuk memenuhi kebutuhan rekreasi, tetapi salah menyebutkan nama acaranya. Jangan sampai membuat acara dalam rangka membangun team building tapi salah menyebutkan jenis acaranya. Akhirnya malah disiapkan tempat dan acara yang keliru juga. Misalnya saja rencana semula ingin memperkuat visi kantor malah hanya acara menyanyi dan menari diselingi bakar-bakar jagung. 

Berikut ini deskripsi kegiatan Outing, Outbound, dan Gathering yaitu :

Kegiatan Outing

Secara garis besar Outing bisa diartikan sebagai rekreasi bersama atau berkumpul bersama dengan karyawan dan keluarga di luar kantor dalam rangka liburan. Tujuan acara ini tidak hanya untuk bersantai atau relaksasi tetapi juga untuk saling mendekatkan diri bersama dengan karyawan lainnya dan peserta outing hanya terdiri dari karyawan dan keluarga saja. Selain itu acara berkumpul ini juga untuk melepaskan stress dan penyegaran setelah lama beraktifitas dikantor. Jika melihat namanya Outing artinya kegiatan yang dilakukan diluar ruangan misalnya seperti tempat wisata dan lain-lain.

Kegiatan Gathering 

Tidak berbeda jauh dengan Outing, kegiatan Gathering juga dilakukan dialam terbuka dan biasanya Acara Gathering ini  selalu berisi permainan ringan di tempat terbuka dan makan bersama untuk membangun suasana kekeluargaan. Selain itu Acara Gathering bisa juga dilakukan di tempat rekreasi yang khusus menyediakan sarana bermain yang bisa dilakukan bersama-sama. Selain itu bedanya lagi Outing dan Gathering selalu melibatkan klien atau rekanan, misalnya sebuah perusahaan membutuhkan aktivitas penyegaran dan mengundang pihak-pihak dari luar yang ikut memajukan perusahaan, maka yang dilakukan adalah gathering.

Kegiatan Outbound 

Tidak berbeda jauh dengan Outing, Acara Outbond juga dilakukan di luar kantor. Hanya saja bedanya Outbond melakukan kegiatan diluar kantor tidak hanya untuk menikmati liburan.Tetapi Acara Outbond ini tujuannya adalah memiliki misi khusus yang berhubungan dengan pengembangan diri para pesertanya. Selain itu Outbound berisi acara yang bersifat edukatif, memberikan inspirasi, atau motivasi, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam program yang sudah ditentukan.

Beberapa Tujuan Yang Ingin Dicapai Melalui Acara Outbound yaitu :

  1. Mampu mengetahui dan memahami bahwa dalam dirinya ada sisi yang unik
  2. Mampu Menilai diri sendiri bahwa kekuatan ada pada tangan dan pilihan diri Sendiri
  3. Mampu meningkatkan kepekaan terhadap orang Lain
  4. Mampu memiliki kepercayaan diri serta berani mengambil resiko
  5. Mampu memiliki keterampilan berkomunikasi.
  6. Mampu membuat perencanaan dengan matang serta konsekuensi yang akan dihadapi
  7. Mampu membentuk tim yang solid dan efektif
  8. Mampu meningkatkan kemampuan leadership
  9. Mampu menumbuhkan sikap sportif dalam tim

Kegiatan atau Program Outbound dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Program Pertama yaitu Fun Outbond atau Soft Game, sesuai dengan namanya permainan ini biasanya disesuaikan dengan para peserta outbond dan hanya untuk hiburan saja. Program ini juga tidak memakai kekuatan fisik yang terlalu berat seperti yang biasa tersedia di tempat outbound yang menyediakan program team building.
  2. Program yang kedua adalah Outbound Training, permainan yang ada didalamnya bersifat petualangan atau menggunakan tantangan fisik yang cukup berat seperti pada program army camp. Pada program ini biasanya dibutuhkan persiapan fisik dan didampingi oleh pendamping terlatih yang disediakan dari tempat outbound.

Pada prinsipnya permainan atau game yang ada di kedua program tersebut selalu disisipkan tantangan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai tertentu. Penanaman nilai itulah yang menjadi visi utama dari program outbound.