Tingkatkan Kinerja SDM Anda Dengan Team Building Program

Memiliki Sumber Daya Manusia atau SDM yang  memiliki kemampuan handal, tanggap, konsisten pada tujuan perusahaan, serta mudah bekerjasama. adalah harapan semua perusahaan baik itu yang berskala kecil ataupun besar. Untuk itu berbagai upaya pengembangan sebuat tim pada dasarnya merupakan salah satu aktifitas yang penting bagi organisasi agar tim tersebut memiliki kemampuan dalam mengoptimalkan fungsinya guna pencapaian tujuan. Untuk menghasilkan Manajemen yang efektif, perusahaan harus meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya agar mampu bekerja secara Team.

Proses peningkatan sumber daya manusia ini pasti berkaitan dengan perilakunya, baik secara individu maupun ketika berinteraksi di dalam Tim. Tidak dipungkiri bahwa keberhasilan bekerja dalam suatu tim membutuhkan suatu pelatihan untuk dapat memiliki kemampuan, keterampilan dan kemauan bekerja sebagai satu tim

Untuk mencapai peningkatan kinerja perlu sekali memperhatikan ketiga unsur utama SDM yaitu :

  1. Pengetahuan (knowledge)
  2. Keterampilan (skill)
  3. Sikap (attitude) 

Perusahaan perlu sekali mengadakan kegiatan Team Building Program yang di design dan ditujukan kepada setiap peserta agar mereka dapat merancang dan membangun sebuah team yang efektif melalui kegiatan di alam bebas yang fun dan menantang. Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dalam kelompok melalui kontribusi aktif yang didasari perubahan sikap mental positif, motivasi dan komitmen dari anggota kelompok ke arah peningkatan produktivitas untuk meraih tujuan perusahaan.

Manfaat Team Building Dalam Suatu Organisasi Atau Perusahaan

Manfaat Team Building bagi Tumbuh Kembang Organisasi Bisnis Anda jelas untuk kesejahteraan masing-masing anggota, keberlangsungan produk dan jasa yang dijual. Sehingga Team Building menjadi salah satu Manajemen Strategi yang efektif bagi kelangsungan bisnis Anda. Berikut ini 8 manfaat menerapkan Team Building dlam lingkungan kerja yaitu :

1. Mampu Menjalin Komunikasi

Setiap organisasi atau perusahaan pasti di dalam suatu teamnya memiliki atasan dan anggota team. Team building akan membantu membangun komunikasi antara atasan dan anggota team dengan baik untuk mewujudkan tujuan organisasi. Tidak hanya itu diharapkan peserta akan mampu mengatasi konflik dalam kelompok secara sinergi.

2. Lebih Jelas Tugas & Tanggung jawabnya

Dengan adanya team building dapat membentuk sikap yang bertanggung jawab dari sebuah pekerjaan yang dilakukan. Sehingga sangat jelas tugas dan tanggung jawabnya dalam setiap team kerja.

3. Bisa Membentuk Kerjasama

Dengan adanya kerja team, setiap anggota team memiliki tanggungjawabnya masing-masing. Setiap tanggungjawab tersebut harus saling bersinergi agar terwujudnya tujuan organiasasi. Kerjasama yang baik sangat diperlukan agar dalam setiap tanggung jawab yang dimiliki dapat disatukan menjadi tujuan organisasi.

4. Mampu Meningkatkan Produktivitas Kerja

Kinerja yang terbentuk dengan baik akan menciptakan tujuan yang sempurna. Setiap anggota team akan bekerja dengan maksimal serta dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja yang dilakukan oleh setiap anggota team lainnya. Selain itu diharapkan peserta mampu menemukan dan menyadari faktor-faktor yang mendukung terciptanya iklim kerja kelompok yang positif.

5. Mampu Menyatukan Perbedaan Pendapat

Banyaknya orang yang tergabung dalam suatu team dapat menyebabkan adanya perbedaan pendapat dalam melakukan pekerjaan untuk mewujudkan tujuan organisasi. Adanya team building inilah yang mampu menyatukan perbedaan pendapat menjadi sebuah masukan untuk memperbaiki kerja suatu team dalam meuwujudkan tujuan organisasi.

6. Mampu Memecahkan Masalah

Pasti ada hambatan atau masalah ketika suatu realita tidak sesuai dengan rencana. Apabila hanya satu orang yang memikirkannya, penyelesaian masalah dapat berhenti dan tidak menemukan solusi, adanya anggota dalam team building membantu menyelesaikan satu masalah dengan berbagai pendapat yang dapat diberikan oleh beberapa orang dalam suatu team tersebut.

6. Mampu Menumbuhkan Motivasi

Setiap anggota dalam suatu team pastinya ingin mencapai suatu tujuan tersendiri untuk mencapai sebuah kesuksesan. Prestasi yang diperoleh salah satu anggota team akan membantu meningkatkan rasa keinginan setiap anggota yang lain untuk maju. Dengan team building, keinginan setiap anggota untuk maju dapat menjadi sebuah motivasi.

7. Mampu Menumbuhkan Sikap Saling Percaya

Setiap anggota team memiliki tanggungjawabnya masing-masing dalam pekerjaannya. Masing-masing anggota harus menyelesaikan tanggungjawabnya sendiri dan percaya kepada anggota lain yang melakukan pekerjaan sesuai dengan jatahnya. Kepercayaan ini harus ada agar tidak terjadi suatu rasa paling bisa dan menganggap orang lain tidak bisa mengerjakannya.

8. Adanya Tujuan Akhir Yang Jelas

Dengan adanya team building akan membantu plot pekerjaan sesuai dengan porsi anggota team. Sehingga akan membentuk tujuan yang jelas dengan tidak ada pekerjaan yang double dan tidak ada juga pekerjaan yang belum dikerjakan.

Pada intinya dengan adanya Team building akan mampu membangun karakter unik, untuk mencapai objektif bersama-sama. Untuk itu tumbuh kembang Organisasi tidak akan berhenti ketika Team Building sudah menjadi pondasi organisasi yang kokoh. Selain itu mampu membuat setiap anggota tim tidak hanya saling berbagi harapan untuk menyelesaikan tugas-tugas kelompok, namun juga akan berbagi Kepercayaan dan Dukungan satu sama lain serta menghormati perbedaan individu. Salam Sukses!